Selasa, 24 Juni 2008

Radio Broadcast (FM)

Perkembangan radio broadcast belakangan ini amat pesat. Stasiun radio baru bermunculan bak jamur. Dan mungkin anda adalah salah satu orang yang ingin terjun di bisnis ini.
Saya akan bahas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat stasiun radio, dari segi teknik.
Secara garis besar, komponen stasiun radio adalah:
Mic/CD Player/Tape Player/Scheduler(komputer) -> Mixer -> STL Tx -> STL Rx -> Audio Processor -> Exciter -> Transmitter -> feeder -> Antenna

Mic/CD Player/Tape Player/Scheduler(komputer) merupakan source dari program. Mic diperuntukkan bagi penyiar dan tamu acara talk show. Minimal mic yang dimiliki adalah 3, yakni 2 penyiar dan 1 tamu talk show. CD Player digunakan untuk memutar konten, baik lagu ataupun iklan, yang berasal dari CD. CD player sebaiknya mampu mendukung beragam format seperti Audio CD, VCD, DVD, mp3, mp4, wav dsb. Semakin banyak dukungan format, semakin baik. Tape player digunakan untuk memutar konten, baik iklan ataupun lagu, yang berasal dari kaset. Walaupun terdengan kuno, namun media kaset masih digunakan. Scheduller (komputer) pada dasarnya adalah PC yang memiliki kemampuan record/edit/player/scheduler.

Mixer merupakan media pengolah audio. Mixer yang digunakan sebaiknya mixer khusus broadcast, bukan mixer konser dll. Mixer broadcast memiliki ciri simple. Hanya ada tombol on/off tiap channel, knop volume dan cue untuk mendengar sebelum di on air kan. Effect dan equalisasi tidak diperlukan dalam mixer broadcast untuk menjaga karakter siaran radio. Effect dan equalisasi ditangani di bagian audio processor.

STL Tx/Rx digunakan jika letak studio dan pemancar berada berjauhan. Seperti diketahui bahwa kebanyakan studio diletakkan didaerah strategis, sedangkan pemancar diletakkan didaerah dengan cakupan luas seperti dataran tinggi. Untuk itu diperlukan STL. Sesungguhnya STL adalah radio microwave, namun dikhususkan untuk broadcast, dengan delay yang rendah.

Audio Processor digunakan untuk pemrosesan audio. Pada bagian ini karakter radio dibuat. Bagaimana efek stereonya, dan bagaimana bass treble nya. Komponen inilah yang menanganinya. Kalau anda mendengarkan radio sonora misalkan, anda akan mendapatkan karakter yg khas, sehingga seolah semua penyiar mempunyai suara yang mirip.

Exciter sesungguhnya adalah FM modulator. Bagian ini yang memodulasi audio menjadi RF. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah dukungan input yang banyak. Apakah bisa menerima input analog dan digital? Pengaturan frekuensinya apakah mudah atau susah? Modulasi dan emphasisnya bagaimana?

Transmitter merupakan amplifier. Fungsinya adalah menguatkan sinyal RF dari exciter. Yang perlu diperhatikan adalah effesiensi daya, harmonisasi, dll. Untuk daya <10kw>10kw lebih efisien menggunakan tabung.

Feeder merupakan kabel koaxial untuk melewatkan RF ke antenna. Feeder yang baik adalah dengan impedansi 50 ohm dan vswr 1.1.

Antenna merupaka komponen akhir. Antena haruslah memiliki cakupan yang merata.

Tidak ada komentar: